Jumat, 26 Oktober 2012

Perangkat Lunak Komputer


Perangkat Lunak Komputer

Perangkat lunak adalah istilah umum untuk data yang diformat dan disimpan secara digital, termasuk program komputer, dokumentasinya, dan berbagai informasi yang bisa dibaca dan ditulis oleh komputer.
 perangkat lunak (software) dapat dibagi menjadi 4bagian, yaitu:
1.      Sistem Operasi (OS)
Adalah software yang berfungsi untuk mengaktifkan seluruh perangkat yang terpasang pada computer sehingga masing-masing dapat berkomunikasi.  Contoh : Macintosh, Linux, Windows Vista, dan UNIX.
2.      Bahasa Pemrograman
Adalah program yang digunakan untuk menerjemahkan instruksi-instruksi yang ditulis dalam bahasa pemrograman ke dalam bahasa mesin agar dapat diterima dan dipahami oleh komputer. Contoh : Visual Basic, Visual Foxpro, Delphi, PHP, dan lain-lain.
3.      Aplikasi
Perangkat lunak aplikasi di bagi menjadi 2 macam, yaitu:
a)      Program Aplikasi
Program yang langsung di buat oleh programmer dan di sesuaikan dengan kebuthan seseorang atau perusahaan. Contoh: Program billing warnet/wartel.
b)      Program Paket
Program khusus dalam paket tertentu oleh software house atau langsung bawaaan dari system operasi. Contoh: Microsoft word,Microsoft exel, Microsoft acces, Microsoft power point, dan photoshop.
4.      Program Bantu (utility)
Berfungsi untuk  mengatur konfigurasi computer,menjaga dari serangan virus, menyelamatkan data dan sebagainya. Contoh:  anti-virus.
Macam-macam License  software:
A.    Lisensi Commercial
B.     Lisensi Trial Software
C.     Lisensi Non Commercial Use
D.    Lisensi Freeware
E.     Lisensi Royalty-Free Binaries
F.      Lisensi Open Source

Tidak ada komentar:

Posting Komentar